Hizb Imam Nawawi
Oleh : Ustadz Yusuf Mansur
Diperbaharui ( 16/10/2022 11:00 ) | Dilihat ( 982 )
Ditranskrip ulang, oleh Yusuf Mansur, Daarul Qur'an.

(Semoga mendapatkan Izin dan Ridha Allah. Semoga berkah buat Imam Nawawi, keluarganya, orang-orang tuanya, ke atas hingga Nabi Adam, guru-gurunya, dan semua yang tersambung dan terhubung, dengan Imam Nawawi dan seluruh guru-gurunya, dan orang-orang tua dari semuanya, keluarga inti, keluarga besar, dan turunan-turunan hingga akhir zaman).

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

أَلْفَ أَلْفِ أَلْفِ «بِسْمِ اللهِ, اللهُ أَكْبَرُ, اللهُ أَكْبَر, اللهُ أَكْبَرُ» نَقُولُ عَلَى أَنْفُسِنَا وَوَالِدِيْنَا وَأَزْوَاجِنَا وَأَوْلَادِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا وَأَهَالِيْنَا إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَعَاهِدِنَا وَمَدَارِسِنَا وَجَامِعَاتِنَا وَشَرِكَاتِنَا وَأَصْدِقَائِنَا وَأَقْرِبَائِنَا وَأَصْحَابِنَا وَجَمَاعَاتِنَا وَأَحْبَابِنَا وَسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَأُصُوْلِنَا وَفُرُوْعِنَا وَمَنْ مَعَنَا وَلَيْسَ مَعَنَا فِي كُلِّ مَكَانٍ وَفِي كُلِّ زَمَانٍ وَعَلَى أَدْيَانِنَا وَأَمْوَالِنَا وَمَشَاكِلِنَا وَمَسَائِلِنَا وَمَصَائِبِنَا وَحَوَائِجِنَا وَأُمُوْرِنَا.

Semilyar "Dengan Nama Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar", kami ucapkan (berharap keberkahan) untuk diri kami, orang-orang tua kami, pasangan-pasangan kami, anak-anak kami, keturunan-keturunan kami, keluarga kami sampai hari kiamat, juga untuk pesantren-pesantren kami, sekolah-sekolah kami, universitas-universitas kami, perusahaan-perusahaan kami, para teman kami, para kerabat kami, para sahabat kami, para jamaah kami, orang-orang yang kami kasihi, seluruh muslimin dan muslimat, mukminin dan mukminat, dan siapa saja yang merupakan asal kami, serta orang-orang yang berasal dari kami, orang-orang yang membersamai kami, dan yang tidak membersamai kami, di setiap tempat dan di setiap zaman, juga untuk agama dan harta kami, segala permasalahan kami, segala permintaan kami, musibah kami, kebutuhan-kebutuhan kami, dan segala urusan kami.

بِسْمِ اللهِ وَعَلَى كُلِّ شَيْءٍ أَعْطَانَاهُ رَبُّنَا, بِسْم اللهِ رَبِّ السَّمٰوَاتِ السَّبْعِ وَرَبِّ الأَرْضِينَ السَّبْعِ وَرَبِّ العَرْشِ العَظِيمِ.



"Dengan Nama Allah" untuk segala sesuatu yang diberikan Tuhan kami kepada kami. (Kami berharap keberkahan, dan meminta perlindungan) "Dengan Nama Allah" Tuhan tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi, Tuhan Penguasa 'arsy yang agung.



أَلْفَ أَلْفِ أَلْفِ «لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ»



Semilyar "Tiada daya dan upaya melainkan dengan izin Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung."



بِسْمِ اللهِ, وَبِاللهِ, وَمِنَ اللهِ, وَإِلَى اللهِ, وَعَلَى اللهِ, وَفِي اللهِ, وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيمِ.



(Kami berharap keberkahan, dan meminta perlindungan) Dengan nama Allah, dan dengan Allah (kami berpegang), dan dari Allah (kami berharap kebaikan), dan kepada Allah (kami berlindung), atas Allah (kami berserah), di jalan Allah (kami berusaha dan berjihad), dan tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.



بِسْمِ اللهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ العَلِيمُ. (ثلاثا)



Dengan Nama Allah, Yang bersama Nama-Nya tidak ada satupun yang ada di bumi maupun di langit yang bisa memberi bahaya, Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (3 x)



بِسْمِ اللهِ خَيْرِ الأَسْمَاءِ فِي الأَرْضِ وَفِي السَّمَاءِ, بِسْمِ اللهِ نَفْتَتِحُ وَبِهِ نَخْتَتِمُ, اللهُ اللهُ اللهُ, اللهُ رَبُّنَا لَا نُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا, اللهُ اللهُ اللهُ, اللهُ رَبُّنَا لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ, اللهُ أَعَزُّ وَأَجَلُّ وَأَكْبَرُ مِمَّا نَخَافُ وَنَحْذَرُ. (ثلاثا)



"Dengan Nama Allah", yang merupakan sebaik-baik nama di bumi maupun di langit. "Dengan Nama Allah" kami buka dan kami tutup. Allah. Allah. Allah. Allah adalah Tuhan kami, kami tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun. Allah. Allah. Allah. Allah adalah tuhan kami, tiada Tuhan selain Allah. Allah lah Yang paling Mulia, Yang Paling Luhur, Yang Paling Besar dari apapun yang kami khawatirkan dan kami hindari. (3 x)



بِكَ اللَّهُمَّ نَعُوذُ مِنْ شَرِّ أَنْفُسِنَا وَمِنْ شَرِّ غَيْرِنَا وَمِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ رَبُّنَا وَذَرَأَ وَبَرَأَ, وَبِكَ اللَّهُمَّ نَحْتَرِزُ مِنْهُمْ, وَبِكَ اللَّهُمَّ نَعُوذُ مِنْ شُرُوْرِهِمْ, وَبِكَ اللَّهُمَّ نَدْرَأُ فِي نُحُورِهِمْ, وَنُقَدِّمُ بَيْنَ أَيْدِيْنَا وَأَيْدِيهِمْ: ﴿بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ, قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ, اللهُ الصَّمَدُ, لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْ, وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ﴾. (ثلاثا)



Hanya kepada-Mu kami berlindung wahai Allah, dari keburukan diri kami, dari keburukan orang lain, dari keburukan makhluk apa saja yang telah diciptakan dan dijadikan oleh (Allah) Tuhan kami. Hanya kepada-Mu kami berlindung dari mereka. Hanya kepada-Mu kami berlindung dari keburukan mereka. Hanya kepada-Mu kami minta dijauhkan dari urusan mereka. Dan kami persembahkan di hadapan kami dan mereka (anak-anak kami, keluarga kami, para sahabat kami) :

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang Katakanlah , “Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah tempat meminta segala sesuatu. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.” (QS. Al Ikhlash: 1-4) (3 x)



وَمِثْلُ ذَلِكَ عَنْ أَيْمَانِنَا وَأَيْمَانِهِمْ, وَمِثْلُ ذَلِكَ عَنْ شَمَائِلِنَا وَعَنْ شَمَائِلِهِمْ, وَمِثْلُ ذَلِكَ عَنْ أَمَامِنَا وَأَمَامِهِمْ, وَمِثْلُ ذَلِكَ مِنْ خَلْفِنَا وَمِنْ خَلْفِهِمْ, وَمِثْلُ ذَلِكَ مِنْ فَوْقِنَا وَمِنْ فَوْقِهِمْ, وَمِثْلُ ذَلِكَ مِنْ تَحْتِنَا وَمِنْ تَحْتِهِمْ, وَمِثْلُ ذَلِكَ مُحِيْطٌ بِنَا وَبِهِمْ.



Dan bacaan serupa di arah kanan kami dan mereka. Bacaan serupa pula dari kiri kami dan kiri mereka. Bacaan serupa dari depan kami dan depan mereka. Bacaan serupa dari belakang kami dan belakang mereka. Bacaan serupa dari atas kami dan atas mereka. Bacaan serupa pula dari bawah kami dan bawah mereka. Serta bacaan serupa yang mengelilingi kami dan mereka.



اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ لَنَا وَلَهُمْ مِنْ خَيْرِكَ َبِخَيْرِكَ الَّذِي لَا يَمْلِكُهُ غَيْرُكَ, اللَّهُمَّ اجْعَلْنَا وَإِيَّاهُمْ فِي عِبَادِكَ وَعِيَاذِكَ وَجِوَارِكَ وَأَمَانِكَ وَحِزْبِكَ وَحِرْزِكَ وَكَنَفِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْطَانٍ وَسُلْطَانٍ وَإِنْسٍ وَجَانٍّ وَبَاغٍ وَحَاسِدٍ وَسَبُعٍ وَحَيَّةٍ وَعَقْرَبٍ, وَمِنْ شَرِّ كُلِّ دَابَّةٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهَا إِنَّ رَبَّنَا عَلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ.



Wahai Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan-Mu untuk kami dan mereka dengan karunia-Mu yang tidak dimiliki oleh selain-Mu. Wahai Allah, jadikan kami dan mereka ke dalam golongan hamba-Mu, golongan orang yang Engkau lindungi, golongan yang berada di dalam naungan-Mu, golongan orang yang ada dalam pengamanan-Mu, golongan orang yang ada dalam benteng-Mu, golongan tentara-Mu, golongan orang yang ada dalam penjagaan-Mu dari segala keburukan syaithan, penguasa, manusia, jin, orang yang melampaui batas, orang yang dengki, binatang buas, ular serta kalajengking. Dan dari keburukan apapun yang melata Engkaulah yang menggenggam ubun-ubunnya, sesungguhnya Tuhan kami di jalan yang lurus (adil.



حَسْبُنَا الرَّبُ مِنَ الْمَرْبُوبِينَ, حَسْبُنَا الخَالِقُ مِنَ الْمَخْلُوقِينَ, حَسْبُنَا الرَّازِقُ مِنَ الْمَرْزُوقِينَ, حَسْبُنَا السَّاتِرُ مِنَ الْمَسْتُورِينَ, حَسْبُنَا النَّاصِرُ مِنَ الْمَنْصُورِينَ, حَسْبُنَا القَاهِرُ مِنَ الْمَقْهُورِينَ, حَسْبُنَا الَّذِي هُوَ حَسْبُنَا , حَسْبُنَا مَنْ لَمْ يَزَلْ حَسْبَنَا , حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلُ, نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ , حَسْبُنَا اللهُ مِنْ جَمِيْعِ خَلْقِهِ.



Cukuplah Tuhan bagi kami dari segala makhluk yang dimiliki-Nya. Cukuplah Pencipta bagi kami dari segala ciptaan-Nya. Cukuplah Yang Pemberi rezeki bagi kami, dari segala makhluk yang diberinya rezeki. Cukuplah Yang Maha menutupi aib bagi kami, dari segala makhluk yang ditutupi-Nya. Cukuplah Yang Menolong bagi kami dari segala makhluk yang mendapat pertolongan-Nya. Cukuplah Yang Maha Menguasai bagi kami dari segala yang dikuasai-Nya. Cukuplah Dia Yang Cukup bagi kami. Cukuplah Dia Yang akan terus cukup bagi kami. Cukuplah Allah Dialah sebaik-baik tempat berserah. Dialah sebaik-baik pelindung dan penolong. Cukuplah Allah dari segala makhluk-Nya.



﴿إِنَّ وَلِيِّيَ اللهُ الَّذِي نَزَّلَ الكِتَابَ وَهُوَ يَتَوَلَّى الصَّالِحِينَ﴾



Sesungguhnya pelindungku adalah Allah yang telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an). Dia melindungi orang-orang shalih. (QS. Al A'raf: 196)



﴿وَإِذَا قَرَأْتَ القُرْآنَ جَعَلْنَا بَيْنَكَ وَبَيْنَ الَّذِينَ لَا يُؤْمِنُونَ بِالآخِرَةِ حِجَابًا مَسْتُورًا, وَجَعَلْنَا عَلَى قُلُوبِهِمْ أَكِنَّةً أَنْ يَفْقَهُوهُ وَفِي آذَانِهِمْ وَقْرًا وَإِذَا ذَكَرْتَ رَبَّكَ فِي القُرْآنِ وَحْدَهُ وَلَّوْا عَلَى أَدْبَارِهِمْ نُفُورًا﴾



Dan apabila engkau (Muhammad) membaca Al-Qur'an, Kami adakan suatu dinding yang tidak terlihat antara engkau dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, Dan Kami jadikan hati mereka tertutup dan telinga mereka tersumbat, agar mereka tidak dapat memahaminya. Dan apabila engkau menyebut Tuhanmu saja dalam Al-Qur'an, mereka berpaling ke belakang melarikan diri (karena benci). (QS. Al Isra': 45-46)



﴿فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ العَرْشِ العَظِيمِ﴾ (سبعا)



Maka jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah (Muhammad), “Cukuplah Allah bagiku; tidak ada tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal, dan Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy (singgasana) yang agung.” (QS. At Taubah : 129) (7 x)



وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ. (ثلاثا)



Tiada daya dan upaya melainkan dengan izin Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung. (3 x)



وَصَلَّى اللهُ وَبَارَكَ وَسَلَّمَ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَأُمَّتِهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن.َ



Dan semoga Allah limpahkan shalawat, keberkahan, serta keselamatan kepada baginda kami dan pemimpin kami; Muhammad, beserta keluarganya, para sahabatnya, dan umatnya. Segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam.



ثُمَّ يَنْفُثُ مِنْ غَيْرِ بُصَاقٍ عَنْ يَمِيْنِهِ وَشِمَالِهِ وَأَمَامِهِ وَخَلْفِهِ ثَلَاثًا وَيَقُوْلُ :



Kemudian meludah namun tanpa mengeluarkan ludahnya ke arah kanan, kiri, lalu depan dan belakang sebanyak tiga kali. Lalu mengucapkan:



خَبَّأْنَا أَنْفُسَنَا فِي خَزَائِنِ بِسْمِ اللهِ, أَقْفَالُهَا ثِقَتُنَا بِاللهِ, مَفَاتِيحُهَا لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ, نُدَافِعُ بِكَ اللَّهُمَّ عَنْ أَنْفُسِنَا مَا نُطِيقُ وَمَا لَا نُطِيقُ, لَا طَاقَةَ لِمَخْلُوقٍ مَعَ قُدْرَةِ الخَالِقِ.



Kami tutupi diri kami dalam perbendaharaan bismillah, gemboknya adalah keyakinan kami dengan Allah, kuncinya adalah laa haula wa laa quwwata illa billaah.. Kami berlindung kepada-Mu wahai Allah dari diri kami, yang kami sanggupi dan tidak kami sanggupi. Tiada kemampuan bagi makhluk di hadapan kekuasaan pencipta.



حَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الوَكِيْلُ, نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْر, وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ.



Cukuplah Allah bagi kami, Dialah sebaik-baik tempat berserah. Dialah sebaik-baik pelindung dan penolong. Tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.



وَصَلَّى اللهُ وَبَارَكَ وَسَلَّمَ عَلَى سَيِّدِنَا وَمَوْلَانَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَأُمَّتِهِ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْن.َ (ثلاثا)



Dan semoga Allah limpahkan shalawat, keberkahan, serta keselamatan kepada baginda kami dan pemimpin kami; Muhammad, beserta keluarganya, para sahabatnya, dan umatnya. Segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta alam.(3 x)



عَدَدَ خَلْقِهِ وَرِضَا نَفْسِهِ وَزِنَةَ عَرْشِهِ وَمِدَادَ كَلِمَاتِهِ



Sebanyak makhluk-Nya, seridha diri-Nya, seberat 'Arsy-Nya, dan sebanyak tinta kalimat-Nya.


Klik disini untuk mendownload materi ini
Dapatkan kelanjutan dari Hizb Imam Nawawi ini dalam Kelas Modul Hizb Imam Nawawi (KW-187)